Industri otomotif di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran produsen kendaraan asal Tiongkok, Changan Automobile. Perusahaan ini resmi melebarkan sayapnya ke Tanah Air melalui kerja sama strategis dengan Indomobil Group. Namun, pertanyaan besar pun muncul: kapan masyarakat bisa membeli mobil Changan di Indonesia?
Andrew Nasuri, Direktur PT Indomobil Sukses Internasional, mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan peluncuran mobil Changan pada akhir 2025. Saat ini, timnya masih melakukan riset mendalam untuk menentukan model yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen di Indonesia.
“Kami berharap bisa launching (mobil) sebelum akhir tahun ini. GIIAS 2025 mungkin masih agak susah, karena masih ada RnD yang harus dikerjakan,” ujar Andrew saat ditemui di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (21/2).
Meskipun GIIAS 2025 disebut sebagai ajang otomotif yang menarik, Andrew menegaskan bahwa kemungkinan Changan hanya akan tampil sebagai merek tanpa memperkenalkan produk baru secara langsung.
“Mungkin as a brand bisa, kalau model yang cocok untuk Indonesia belum. Saya belum bisa pastikan, karena arah kita berbeda. Bukan asal comot, tapi perlu studi dulu,” ungkapnya.
Terkait dengan model yang akan dipasarkan, Andrew masih belum bisa memberikan kepastian. Namun, ia menegaskan bahwa Changan bersama Indomobil akan berfokus pada segmen kendaraan dengan harga terjangkau, yang menjadi primadona di pasar otomotif Indonesia.
“Masih belum tahu, karena dari RnD mereka banyak portofolio yang belum diumumkan secara publik. Kami sudah lihat banyak portofolio dan kami adaptasi dulu. Karena konsumen Indonesia maunya banyak tapi harganya sesuai. Kita arahnya masih ke low segment,” tambahnya.
Sebagai informasi, di pasar domestik Tiongkok, Changan Automobile memiliki berbagai lini produk, mulai dari kendaraan penumpang hingga mobil niaga. Tak hanya kendaraan listrik, kemungkinan besar Changan juga akan menghadirkan mobil berbahan bakar bensin ke Indonesia untuk memenuhi permintaan yang beragam.
Dengan langkah awal yang masih dalam tahap studi pasar, kehadiran Changan di Indonesia menjadi hal yang patut dinantikan. Apakah Changan mampu bersaing dengan merek-merek yang sudah lebih dulu eksis? Waktu akan menjawabnya.