PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan kampanye layanan khusus atau Special Service Campaign (SSC) untuk dua model kendaraan mereka, Toyota Raize dan Toyota Agya. Inisiatif ini dilakukan guna memastikan kendaraan tetap dalam kondisi optimal dengan melakukan pemeriksaan serta pemrograman ulang pada Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan brake booster.
Dalam keterangan resminya, Toyota mengajak pemilik Toyota Raize yang diproduksi antara 8 Juni 2021 hingga 16 Juli 2024, serta Toyota Agya yang dibuat pada rentang 22 Juli 2022 hingga 29 Juli 2024, untuk mendatangi bengkel resmi Toyota terdekat. Langkah ini diambil sebagai bentuk tanggung jawab produsen dalam menjaga standar kualitas dan keselamatan kendaraan yang telah beredar di pasaran.
Komitmen Toyota terhadap kualitas produk dan layanan tampak dari transparansi mereka dalam menangani potensi masalah yang muncul. Kampanye recall ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan solusi cepat dan tepat, tetapi juga menunjukkan semangat perbaikan berkelanjutan yang menjadi prinsip utama Toyota.
“Berikan Total Mobility Solution, perhatian dan tanggung jawab Toyota tidak berhenti sampai mobil datang ke rumah pelanggan. Dengan semangat continuous improvement, kami terus melakukan riset produk yang telah dipasarkan untuk menemukan kemungkinan masalah dan segera melakukan langkah perbaikan,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam siaran persnya, Senin (3/3/2025).
Potensi Gangguan pada ECU
Toyota Raize dan Toyota Agya menggunakan sistem pengereman dengan brake booster yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU). Brake booster sendiri adalah komponen yang berfungsi untuk meringankan tekanan pedal rem, sehingga pengereman menjadi lebih mudah dan efektif bagi pengemudi.
Namun, dalam beberapa kondisi tertentu, terdapat potensi kesalahan pemrograman pada ECU yang dapat mengakibatkan brake booster tidak bekerja secara maksimal. Hal ini berisiko meningkatkan jarak pengereman kendaraan, sehingga pengemudi harus memberikan tekanan yang lebih besar pada pedal rem untuk menghentikan mobil. Situasi ini berpotensi memengaruhi aspek keselamatan saat berkendara di jalan.
Untuk mengatasi potensi malfungsi ini, Toyota menawarkan solusi berupa pembaruan perangkat lunak pada ECU. Proses reprogramming ini akan ditangani oleh teknisi bersertifikat Toyota global guna memastikan pengerjaan yang akurat, efisien, dan aman. Perbaikan ini diperkirakan hanya memerlukan waktu sekitar satu jam, tanpa memerlukan penggantian komponen apa pun.
Proses Perbaikan Gratis dan Mudah
Bagi pemilik Toyota Raize dan Toyota Agya yang masuk dalam daftar recall, Toyota menyarankan agar melakukan reservasi terlebih dahulu melalui layanan booking service. Hal ini bertujuan untuk menghindari antrean panjang di bengkel serta memastikan teknisi dan fasilitas siap untuk menangani kendaraan pelanggan dengan cepat.
Seluruh proses pemeriksaan, pemrograman ulang ECU, hingga pengecekan akhir dapat dilakukan tanpa biaya alias gratis. Toyota juga memberikan berbagai saluran komunikasi agar pelanggan bisa dengan mudah mengecek status kendaraannya dan melakukan reservasi.
“Dengan segala kerendahan hati, PT TAM mengajak para pemilik Toyota Raize dan Toyota Agya tahun produksi tertentu, agar dapat datang ke bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memastikan apakah kendaraannya mendapatkan service. Kami akan melakukan pemeriksaan Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kerja brake booster dan update software untuk memperbaiki kinerjanya. Pelanggan bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315. Selain itu, pelanggan dapat berinteraksi dengan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 08111500315 untuk pengecekan status. Silakan kunjungi bengkel resmi Toyota yang disepakati untuk reprogramming ECU Toyota Raize dan Toyota Agya,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Dengan langkah proaktif ini, Toyota semakin menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik serta memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna kendaraan mereka di seluruh Indonesia.