Ekspansi merek otomotif asal China, XPENG, kini resmi memasuki pasar Indonesia melalui kemitraan strategis dengan Erajaya Active Lifestyle (ERAL). Tidak hanya menghadirkan kendaraan listrik canggih, XPENG juga telah memutuskan untuk merakit dua model andalannya, X9 dan G6, di fasilitas produksi PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat.
Fokus Produksi di Indonesia
Dalam pernyataannya, CEO Erajaya Active Lifestyle, Djohan Sutanto, mengonfirmasi bahwa XPENG akan menggunakan pabrik Handal di Purwakarta sebagai basis perakitan. Namun, mengenai kapasitas produksi, perusahaan masih dalam tahap pembahasan dengan pihak terkait.
“Betul (dirakit di pabrik Handal Purwakarta). (Tapi untuk kapasitas produksi) kita jujur belum sampai sana (pembicaraannya). Sekarang kita sedang pengajuan ke pemerintah,” ujar Djohan dalam acara peluncuran XPENG Indonesia di The Langham, Jakarta, Jumat (28/2/2025).
Dua Model Andalan: X9 dan G6
XPENG akan membawa dua model unggulan ke Indonesia, yaitu X9 dan G6. X9 hadir sebagai kendaraan Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang mengusung desain futuristis, teknologi penggerak otonom canggih, serta kabin luas dan mewah. Mobil ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan keluarga maupun keperluan bisnis, dengan kenyamanan dan kecerdasan berkendara sebagai keunggulan utamanya.
Sementara itu, G6 merupakan SUV listrik dengan performa tinggi yang dirancang khusus untuk mobilitas perkotaan. SUV ini diklaim memiliki jangkauan baterai yang impresif, teknologi pengisian daya cepat, serta kokpit digital modern yang menawarkan pengalaman berkendara yang lebih interaktif dan efisien.
Rencana Produksi dan Penjualan
XPENG menargetkan produksi lokal dimulai pada paruh kedua tahun 2025, dengan fokus awal pada model G6 dan X9 yang telah disesuaikan untuk pasar setir kanan di Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat penetrasi XPENG di industri otomotif Indonesia dan memperkuat daya saingnya di segmen kendaraan listrik.
“Bersama XPENG, kami memperkenalkan era baru mobilitas cerdas, berkelanjutan di Indonesia, yang didukung teknologi yang selalu terdepan dan aman, dan memprioritaskan pengalaman pelanggan serta keunggulan layanan,” tambah Djohan.
Strategi Pemasaran XPENG di Indonesia
CEO Era Inovasi Otomotif, Iki Wibowo, menyebutkan bahwa XPENG akan mulai menerima pemesanan kendaraan listriknya mulai Mei 2025. Pada tahap awal, fokus penjualan akan dilakukan di wilayah Jabodetabek dengan strategi pemasaran yang mengandalkan jaringan 3S (Sales, Service, Spare Parts) serta pengalaman pelanggan melalui konsep Xperience Center di pusat perbelanjaan.
“Tentunya kami akan bangun network 3S. Kita juga akan hadir di mal melalui Xperience Center. Rencananya kita akan membangun 6 jaringan dulu di Jabodetabek,” jelas Iki.
Dengan kehadiran XPENG dan langkah strategisnya dalam produksi lokal, industri kendaraan listrik di Indonesia semakin kompetitif. Konsumen kini memiliki lebih banyak pilihan kendaraan ramah lingkungan yang menawarkan teknologi canggih serta efisiensi dalam berkendara.